Fisika Katrol (dasar 1) 5 5 4

Fisika Katrol (dasar 1)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Fisika Katrol (dasar 1)

Post  noviaji14 on Fri Jul 10, 2009 2:56 pm



Berapakah percepatan sistemnya...?
Jika massa katrol diabaikan.
Massa m1 < Massa m2
Baiklah cara menjawabnya begini...

Jawab :
Kita lihat pada benda 1
Sigma F1=T-m1.g(arah keatas) .......(1) =>Dik=F1=m1.a

Kita lihat pada benda 2
Sigma F2=m2.g – T (arah kebawah)........(2) =>Dik=F2=m2.a


Jika gaya-gaya pada m1 dan m2 kita gabungkan, maka akan didapat
m1.a + m2.a = T – m1.g + m2.g – T
(m1 + m2) a = m1.g + m2.g

sehingga percepatan sistem didapat

a=(m2-m1).g
___m1.m2___





Very Happy Blog Mas Djoco Very Happy

king


Terakhir diubah oleh noviaji14 tanggal Fri Jul 10, 2009 9:21 pm, total 1 kali diubah

noviaji14
Admin

Posts: 57
Join date: 09.07.09
Age: 21
Location: Sampit

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World
SMANSA World

Lihat profil user http://www.noviaji14.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  giri_keren on Fri Jul 10, 2009 8:06 pm

memangnya guna untuk berat katrol apa jok?

Oh iya, kalau misalnya diameter talinya berbeda gimana y?

giri_keren
Admin

Posts: 62
Join date: 09.07.09
Age: 22

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World

Lihat profil user http://ditagiri.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  noviaji14 on Fri Jul 10, 2009 9:20 pm

Hmmm... oke Gir... dalam hal tadi memang massa katrol dan tali diabaikan..... karena kalau tidak diabaikan namanya bukan dasar namanya.....


tapi baiklah saya jawab...
sebenarnya bukan berat katrol Gir.... tapi massa katrol yang tepat
massa satuannya kg
berat satuannya kg m/s2


oke paham.....

Semisal massa katrol tidak diabaikan

berarti pada benda katrol
τ = I.α -> α=a/R
F.R = mr².(a/R)
T1.R-T2.R =(m.R.a) / 2
T1-T2 = m.a / 2 ........(3)

nah kemudian pers 1,2 dan 3 tadi kita gabungkan
hasilnya

a = ____W2-W1_____
___(m1+m2+m/2)____

jadi dapat kita ambil kesimpulan guna katrol adalah untuk mengurangi percepatan pada sistem..
(semoga benar)


Wah.. kalo masalah diameter tali belum ada dibahas tu di SMA.....

tapi nampaknya tidak berpengaruh....

_________________
I will try to be smarter when everyone said to me "You're Stupid"

noviaji14
Admin

Posts: 57
Join date: 09.07.09
Age: 21
Location: Sampit

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World
SMANSA World

Lihat profil user http://www.noviaji14.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Membahas tentang diameter tali

Post  giri_keren on Fri Jul 10, 2009 9:26 pm

Hum.. kayaknya si tali ini cukup mengambil peranan nih
Tali kan merupakan objek yang mendapatkan tegangan, jadi kalau misalnya tali yang digantung itu tali nilon dengan tali rantai beda dong? hehehe
Terus kalau misalnya tali yang dipake tali tambang yang gede, berarti sisi yang mengenai katrol lebih banyak daripada tali tipis. Nah, dengan demikian gesekan dari tali diperhatikan juga.
Bahan tali juga sangat mempengaruhi ya?

Oh iya, aku jadi ingat jok, Pak Mukmin pernah ngomong2 tentang gesekan yang dianggap 0 dengan sistem yang caranya mirip katrol, hum.. kalau katrol itu gesekannya nggak ada atau karena ada rodanya jadinya gesekan diabaikan ya? clown

kebanyakan ya? tongue

giri_keren
Admin

Posts: 62
Join date: 09.07.09
Age: 22

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World

Lihat profil user http://ditagiri.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Lapor

Post  giri_keren on Fri Jul 10, 2009 9:35 pm

Jangan terlalu serius jok.. peace.. drunken

giri_keren
Admin

Posts: 62
Join date: 09.07.09
Age: 22

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World

Lihat profil user http://ditagiri.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  noviaji14 on Fri Jul 10, 2009 9:50 pm

Hmmm......wah kalo yang masalah itu belum tau saya mas....

bahkan baru tau ne.... masalahnya pelajaran yang saya tau sebatas SMA..
masalah belum bisa menjelaskan yang tentang tali.... bisa di pertanyakan kpd Mr.Harsono, Mr.Mukmin ato Mr.Bastian

klo masalah yg tali bisa molor ada hubngnnya dgn gaya pegas,elastisitas,......(benar gak)
klo di jelaskan bukan dasar dnk nantinya..... tapi kalau di suruh jelasin juga belum tau kayaknya.... semoga aja ada di kelas XII.......

Nah kalo permukaan katrol itu licin pasti gaya gesekannya diabaikan.... karena tidak akan terjadi gaya gesek kan.. namanya saja licin....

iya ne kebanyakan.... jadi mumet aku...... Question

_________________
I will try to be smarter when everyone said to me "You're Stupid"

noviaji14
Admin

Posts: 57
Join date: 09.07.09
Age: 21
Location: Sampit

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World
SMANSA World

Lihat profil user http://www.noviaji14.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  giri_keren on Fri Jul 10, 2009 10:05 pm

Wah, ternyata banyak banget ya ilmu yang bisa diterapkan di katrol, merasa banget kalau dikit banget ilmu yang baru kita dapat, hahaha!

Jadi di dalam katrol termasuk :
a. Elastisitas
b. Gaya gesek
c. Katrol itu sendiri
d. Ek
e. Ep

masih ada lagi? mohon ditambah ya! Shocked

_________________
Perubahan semuanya mengarah kebaikan, hanya melihat dari sisi pandangnya saja yang berbeda

giri_keren
Admin

Posts: 62
Join date: 09.07.09
Age: 22

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World

Lihat profil user http://ditagiri.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  noviaji14 on Fri Jul 10, 2009 10:18 pm

hah.... didalam katrol ada elastisitas kah....


itu pada talinya klo...


humor: Mun katrolnya padat kdd isinya gir... tapi bisa juga isinya abon.... ha3x.....


kan jangan terlalu serius juga.....

_________________
I will try to be smarter when everyone said to me "You're Stupid"

noviaji14
Admin

Posts: 57
Join date: 09.07.09
Age: 21
Location: Sampit

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World
SMANSA World

Lihat profil user http://www.noviaji14.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  giri_keren on Fri Jul 10, 2009 10:32 pm

Apa tu? (bener kada mudeng, gyahaha!!) Surprised

_________________
Perubahan semuanya mengarah kebaikan, hanya melihat dari sisi pandangnya saja yang berbeda

giri_keren
Admin

Posts: 62
Join date: 09.07.09
Age: 22

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World

Lihat profil user http://ditagiri.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  noviaji14 on Fri Jul 10, 2009 10:43 pm

giri_keren wrote:Apa tu? (bener kada mudeng, gyahaha!!) Surprised


yang mananya kada paham?
deng..... dong... apa mun kita b2 ja eh.. yg disini..nggak ada yg lain.. jadi bingung sendiri kita....

_________________
I will try to be smarter when everyone said to me "You're Stupid"

noviaji14
Admin

Posts: 57
Join date: 09.07.09
Age: 21
Location: Sampit

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World
SMANSA World

Lihat profil user http://www.noviaji14.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  giri_keren on Fri Jul 10, 2009 10:45 pm

noviaji14 wrote:
humor: Mun katrolnya padat kdd isinya gir... tapi bisa juga isinya abon.... ha3x.....


yang isinya abon tu nah.. apa maksudnya.. Question

_________________
Perubahan semuanya mengarah kebaikan, hanya melihat dari sisi pandangnya saja yang berbeda

giri_keren
Admin

Posts: 62
Join date: 09.07.09
Age: 22

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World

Lihat profil user http://ditagiri.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  Yami_LX_Schiffer_XIII on Sun Jul 12, 2009 11:09 pm

mengingat kembali pelajaran SMA.....

_________________
Kunjungi The Runic War di http://yaminobu.wordpress.com
Jangan lupa kasih komen ya....


Yami_LX_Schiffer_XIII
Admin

Posts: 41
Join date: 09.07.09
Age: 23
Location: Malang

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World

Lihat profil user http://yaminobu.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  noviaji14 on Wed Jul 15, 2009 10:50 pm

giri_keren wrote:
noviaji14 wrote:
humor: Mun katrolnya padat kdd isinya gir... tapi bisa juga isinya abon.... ha3x.....


yang isinya abon tu nah.. apa maksudnya.. Question

itu humorannya... plesetan.....

_________________
I will try to be smarter when everyone said to me "You're Stupid"

noviaji14
Admin

Posts: 57
Join date: 09.07.09
Age: 21
Location: Sampit

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World
SMANSA World

Lihat profil user http://www.noviaji14.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fisika Katrol (dasar 1)

Post  noviaji14 on Mon Mar 08, 2010 5:25 pm

noviaji14 wrote:

Berapakah percepatan sistemnya...?
Jika massa katrol diabaikan.
Massa m1 < Massa m2
Baiklah cara menjawabnya begini...

Jawab :
Kita lihat pada benda 1
Sigma F1=T-m1.g(arah keatas) .......(1) =>Dik=F1=m1.a

Kita lihat pada benda 2
Sigma F2=m2.g – T (arah kebawah)........(2) =>Dik=F2=m2.a


Jika gaya-gaya pada m1 dan m2 kita gabungkan, maka akan didapat
m1.a + m2.a = T – m1.g + m2.g – T
(m1 + m2) a = m1.g + m2.g

sehingga percepatan sistem didapat

a=(m2-m1).g
___m1.m2___





Very Happy Blog Mas Djoco Very Happy

king


tak kusangka banyak juga yang ngelihat ini.... siapa saja ya..... penasaran... cheers

_________________
I will try to be smarter when everyone said to me "You're Stupid"

noviaji14
Admin

Posts: 57
Join date: 09.07.09
Age: 21
Location: Sampit

Character sheet
SMANSA World:
SMANSA World
SMANSA World

Lihat profil user http://www.noviaji14.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik